shadow

ASDEKI Segera Launching Depo Halal

ASDEKI SEGERA LAUNCHING DEPO HALAL

Asosiasi Depo Kontainer Indonesia (Asdeki) segera melaunching depo dan kontainer berstandar halal di lima pelabuhan di Indonesia yakni Priok, Perak, Belawan, Makassar, dan Semarang, pada akhir bulan Mei 2018 ini.

Sekretaris Jenderal Asdeki Khairul Mahalli menyatakan, standar halal itu untuk produk ekspor dan antar pulau harus mengunakan kontainer halal. “Kontainer yang keluar dari depo anggota Asdeki sudah bersertifikasi halal untuk produk halal,” kata Khairul kepada Ocean Week melalui sambungan telpon, Sabtu (19/5) siang ini.

Penilaian halal itu sendiri, ujar Khairul, dilakukan oleh independent surveyor yang berkompetensi halal quality controle. “Jadi tujuannya adalah halalan thoyiban, kontainernya diproseskan di depo,” ucapnya singkat.

Seperti diketahui bahwa konsep halal ini juga sudah diterapkan oleh anak usaha Pelindo II PT Multi Terminal Indonesia (MTI) di pelabuhan Priok, melalui Gudang Halalnya.

Sementara itu sebuah perusahaan logistik Jepang, Yusen, juga yelah membangun sebuah pergudangan halal di Thailand pada tahun lalu. Perusahaan ini tidak mau ketinggalan mengambil bagian dalam bisnis logistik halal di Asia Tenggara.

Yusen mengklaim fasilitasnya ini telah mengantongi sertifikat dari Central Islamic Council di Thailand. Dengan begitu, fasilitas pergudangan yang dibangun Yusen ini menjadi pergudangan halal pertama di Thailand.